Senin, 28 November 2011

PEMASARAN


A.PENGERTIAN PEMASARAN

                Pemasaran merupakan bagian yang penting berhubungan dengan pasar, karena pasar yang ada sekarang merupakan pasar pembeli di mana terjadinya transaksi jual beli tergantung pada keputusan pembeli.
                Di bawah ini pengertian dari beberapa ahli pemasaran :
1.       William J. Stanton
Pemasaran adalah keseluruhan intern yang berhubungan dengan kegiatan-kegiatan usaha yang bertujuan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang akan memuaskan kebutuhan pembeli baik pembeli yang ada maupun pembeli yang potensial.
2.       Philip dan Duncan
Pemasaran meliputi semua langkah yang digunakan atau diperlukan untuk menempatkan barang-barang berwujud kepada konsumen.
3.       American Marketing Association
Pemasaran meliputi pelaksanaan kegiatan usaha niaga yang diarahkan pada arus aliran barang dan jasa dari produsen ke konsumen.

Fungsi utama mengapa kegiatan pemasaran dilakukan :
a.       Untuk memberikan informasi tentang produk yang dijual perusahaan
b.      Untuk mempengaruhi  keputusan membeli konsumen
c.       Untuk menciptakan nilai ekonomis suatu barang

1.1. Hubungan pemasaran dan pasar
Hubungan antara pemasaran dan pasar sangat erat, karena pasar merupakan tempat terjadinya transaksi jual beli, sedangkan pemasaran merupakan kegiatan bagaimana agar produksi terjual dan dapat memuaskan keinginan pembeli sehingga pembeli akan membeli produk perusahaan yang sama setelah mereka merasa cocok dan puas akan produk yang bersangkutan.  Dengan melalui pasar perusahaan dapat melaksanakan konsep pemasarannya yaitu baigamana usaha perusahaan untuk memuaskan kebutuhan konsumen sebagai syarat sosial maupun ekonomi bagi kelangsungan hidup perusahaan.

1.2. Bagaimana mempelajari perusahaan ?
Mempelajari pemasaran dapat dilakukan dari berbagai macam pendekatan yaitu :
a.       Pendekatan serba fungsi
b.      Pendekatan lembaga
c.       Pendekatan barang
d.      Pendekatan manajemen
e.      Pendekatan serba sistem

A.      Pendekatan serba fungsi
Pendekatan serba fungsi mempelajari pemasaran dilihat dari apa saja kegiatan pokok pemasaran yang dilakukan. Adapun kegiatan pokok pemasaran adalah :
a)      Pembelian
b)      Pengangkutan
c)       Penjualan
d)      Penyimpanan
e)      Pembelanjaan
f)       Penanggungan resiko
g)      Standardisasi dan grading
h)      Pengumpulan informasi pasar

B.      Pendekatan serba lembaga
Pendekatan serba lembaga mempelajari fungsi pemasaran dilihat dari segi organisasi/lembaga yang terlibat dalam kegiatan pemasaran :
·         Produsen sebagai penghasil barang jadi.
·         Supplier sebagai penyedia bahan baku.
·         Perantara pedagang.
·         Perusahaan saingan.
·         Konsumen, dan sebagainya.

C.      Pendekatan serba barang (Pendekatan organisasi industri)
Pendekatan serba barang adalah suatu pendekatan pada pemasaran yang melibatkan studi tentang bagaimana barang-barang tertentu berpindah tangan dari tangan produsen ke tangan konsumen akhir atau konsumen industri.
Pengertian barang atau produk adalah suatu sifat yang komplek baik yang dapat diraba ataupun tidak termasuk bungkus, warna, mutu, harga, prestise perusahaan dan pengecer, pelayanan pengecer dan perusahaan, yang diterima pembeli untuk memuaskan keinginan atau kebutuhan.
                Barang dapat digolongkan menjadi dua macam :
1.       Penggolongan barang menurut tingkat pemakaiannya dan kekongkritannya ada 3 macam :
a)      Barang tahan lama
b)      Barang tidak tahan lama
c)       Jasa
2.       Penggolongan barang menurut tujuan pemakaian oleh si pemakai ada 2 macam :
a.       Barang konsumsi terdiri dari :
a)      Barang konvenien
b)      Barang shopping
c)       Barang spesial
b.      Barang industri terdiri dari :
a)      Bahan baku
b)      Barang setangah jadi
c)       Instalasi
d)      Peralatan

D.      Pendekatan serba manajemen
Pendekatan serba manajemen mempelajari pemasaran dilihat dari pendapat manajer serta keputusan yang diambil.pendekatan ini menekankan masalah-masalah pemasaran yang dihadapi oleh produsen sebagai kekurangan dari aspek lain tentang sistem pemasaran. Masalah-masalah pemasaran ini meliputi produk, harga, promosi, saluran distribusi, persaingan, perkembangan teknologi dan lain-lain.

E.       Pendekatan serba sistem
Pendekatan ini menyangkut elemen-elemen yang luas dalam sistem pemasaran termasuk pendekatan serba fungsi, manajemen, produk, dan lembaga.

1.3. Kegiatan Utama Pemasaran
Kegiatan utama pemasaran atau juga disebut sebagai marketing mix adalah suatu perangkat perusahaan yang terdiri dari 4 variabel yaitu produk, struktur harga, kegiatan promosi dan saluran distribusi dengan tujuan untuk menentukan tingkat keberhasilan pemasaran perusahaan yang bisa memberikan kepuasan dalam pemenuhan kebutuhan konsumen yang dipilih atau segmen pasar yang dilayani.

A.      Produk
Produk merupakan hasil dari proses produksi perusahaan yang nantinya akan dijual perusahaan atau barang yang dibeli untuk dijual kembali kepada konsumen akhir (bagi perusahaan dagang). Dalam membahas apa itu produk sebagai salah satu dari keempat variabel marketing mix akan kita bagi menjadi 3 bagian :
a.       Pemilihan produk
b.      Pembungkus barang
c.       Merk barang

B.      Harga
Harga merupakan faktor pertimbangan utama terhadap orang sejenis bagi sebagian besar mansyarakat Indonesia terutama mereka yang tergolong ke dalam golongan ekonomi lemah.
Harga dapat dipandang dari 2 sudut :
1.       Kalau dipandang dari sudut konsumen harga memegang peranan penting terutama kalau menyangkut sejumlah barang tertentu yang mutunya tidak berbeda jauh.
2.       Kalau dipandang dari sudut pengusaha harga berkaitan erat dengan ongkos produksi maupun target laba yang diharapkan.

C.      Distribusi
Saluran distribusi adalah saluran yang dipakai oleh produsen untuk menyalurkan barang hasil produksinya kepada konsumen, baik sampai berpindahnya hak (penguasaan) sampai dengan pemindahan barang maupun hanya pemindahan hak kepemilikannya saja.
Pemilihan saluran distribusi harus mempertimbangkan hal-hal sebagai berikut :
a.       Sifat pembeli, seperti kebiasaan membeli, frekuensi pembelian, letak geografis, dsb
b.      Sifat produk
c.       Sifat perantara
d.      Sifat pesaing
e.      Sifat perusahaan, dan sebagainya

D.      Promosi
Promosi adalah arus informasi atau persuasi satu arah yang dapat mengarahkan organisasi atau seseorang untuk menciptakan transaksi antara pembeli dan penjual.
Dalam promosi terdapat beberapa kegiatan yang dilakukan, pada umunya ada 4 kegiatan yang biasa dilakukan yaitu :
a.       Periklanan.
b.      Personel selling.
c.       Promosi penjualan.
d.      Publisitas dan humas.


B. PASAR

1.1. Pengertian Pasar
Adapun pengertian pasar menurut beberapa pendapat adalah sebagai berikut :
a.       Pasar adalah tempat bertemunya penjual dan membeli.
b.      Pasar adalah daerah tempat di mana didalamnya terdapat penawaran dan permintaan yang bertemu untuk membentuk harga.
c.       Menurut William J. Stanton :
Pasar adalah orang-orang yang mempunyai keinginan untuk puas, uang untuk berbelanja dan kemauan untuk membelanjakannya.

1.2. Macam-macam pasar
Macam-macam pasar pada dasarnya dapat digolongkan menjadi 4 bagian yaitu :
1.       Pasar Barang Konsumen
2.       Pasar Penjual
3.       Pasar Pemerintah
4.       Pasar Industri
               




Widyatmini, Pengantar Bisnis, Gunadarma, Jakarta, 1992
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar