Senin, 28 November 2011

PERUSAHAAN DAN LINGKUNGAN PERUSAHAAN


1.       LOKASI DAN LINGKUNGAN PERUSHAAN

A.      Lokasi perusahaan

Lokasi perusahaan sangat penting untuk diperhatikan karena lokasi perusahaan merupakan tempat di mana perusahaan yang mendirikan melaksanakan kegiatan operasional. Pemilihan lokasi perusahaan jangan sampai salah karena akan mengakibatkan timbulnya kerugian yang harus diderita perusahaan.
Pertimbangan yang dipakai perusahaan untuk memilih lokasi perusahaan dapat didasarkan pada :
1.       Hubungan perusahaan dengan sumber-sumber ekonomi.
2.       Hubungan perusahaan dengan sejarah.
3.       Hubungan perusahaan dengan pemerintah.
Kalau lokasi perusahaan yang dipilih karena ada hubungannya dengan sejarah di tempat lokasi, misalnya asal mula batik di Solo, Yogyakarta maka lokasi perusahaan yang dipilih adalah kota Solo atau Yogyakarta.
Akan tetapi kalau lokasi perusahaan tersebut ditentukan oleh pemerintah maka pengoperasian kegiatan perusahaan diharapkan jangan sampai mengganggu masyarakat sekitarnya, misalnya : pabrik amunisi, pabrik susu dan sebagainya.
Bisa juga penentuan lokasi perusahaan itu karena didasarkan dari faktor-faktor ekonomi yang bertujuan untuk efisiensi produksi, misalnya : apakah perusahaan tersebut lebih baik dekat dengan bahan baku, sumber daya alam, pasar, tenaga kerja ataupun dengan alasan pertimbangan minimisasi ongkos transportasi. Pertimbangan-pertimbangan tersebut sangat penting karena mempengaruhi hasil produksi, mutu maupun harga jual yang akan ditetapkan.


B.      Lingkungan Perusahaan

Lingkungan perusahaan dapat dibedakan menjadi 2 bagian yaitu lingkungan khusus dan lingkungan umum, di mana kedudukan kedua lingkungan tersebut dapat terlihat di bawah ini :
1.       Lingkungan khusus : pesaing, teknologi, sosial politik, langganan, supplier.
2.       Lingkungan umum : politik, hukum, perekonomian kebudayaan, penduduk, sumber daya alam, teknologi, demografi dan sebagainya.
Lingkungan khusus perusahaan sangat berhubungan erat dengan keberhasilan memproduksi atau menghasilkan barang yang akan dijual, karena lingkungan khusus tersebut mencakup bagaimana perusahaan mendapatkan bahan mentah untuk kembali mengolahnya dengan tergantung pada tingkat teknologi produksi yang dimiliki perusahaan dan bagaimana menyesuaikannya dengan selera dan kemauan pelanggan atau konsumen sampai peraturan pemerintah yang mengatur hubungan perdagangan di dunia bisnis.
Lingkungan umum maupun lingkungan khusus yang mempengaruhi perusahaan tersebut sebenarnya bisa dijadikan sebagai kesempatan perusahaan untuk mengembangkan perusahaan dan bisa menjadikan tantangan yang ada sebagai semangat dan motivasi untuk memajukan perusahaan.








Widyatmini, Pengantar Bisnis, Gunadarma, Jakarta, 1992



Tidak ada komentar:

Posting Komentar